Oleh: Ahmad Jirjis Fahmi

“Siapa idola kita?”

“Siapa tuntunan kita?”

“Siapa yang memberi syafaat kepada kita?”

Secara serempak adik-adik menjawab, “Nabi Muhammad!”.

Pertanyaan itu diajukan oleh seorang motivator pada kegiatan SMART CAMP angkatan ke-3 sebagai penutup sesi inspirasi. Kekompakan dan antusiasme yang diperlihatkan oleh adik-adik memukau kami, menenggelamkan kami dalam keceriaan adik-adik, dan mengajak kami melupakan singkatnya PPZ yang menjadi tugas kami .

Praktek pengelolaan zakat atau PPZ gelombang ke-2 yang bertempat di Yatim Mandiri Jombang dimulai tanggal 9 Februari. Untuk efektifitas waktu PPZ, penyerahan dari pihak STAIN Kediri dilakukan pada tanggal 6 Februari 2015. Sehingga saat dimulainya PPZ,  teman-teman dari STAIN kediri bisa langsung menimba pengalaman dari ahlinya selama 3 minggu. Waktu yang sangat singkat, bukan? Untuk mempelajari teori saja mungkin bisa selesai tepat waktu. Tetapi untuk menimba pengalaman dan belajar langsung melalui interaksi, waktu tersebut sangat singkat. Bahkan terlalu pendek untuk bisa menikmati seluruh kegiatan dari Yatim Mandiri Jombang.

Ahmad Jirjis Fahmi

Ahmad Jirjis Fahmi

Dengan mempertimbangkan hal tersebut, Bapak Khamim selalu dosen pembimbing lapangan menyarankan kami untuk mengikuti kegiatan SMART CAMP angkatan ke-3. kegiatan tersebut adalah salah satu program yang pelaksanaannya hanya sekali dalam satu semester. Kami merasa sangat beruntung secara kebetulan bisa mengikutinya dalam masa praktek kami.

Program-program lain Yatim Mandiri Jombang kami ketahui dari Bapak Agus Siswoyo selaku dosen pamong pada pertemuan di hari selanjutnya. Beberapa kegiatan seperti kesling (puskesmas keliling) bisa kami ikuti, tetapi beberapa kegiatan terpaksa kami lewatkan. Misalnya program Ramadan yang sifatnya setahun sekali. Semua program itu tersebar pada 3 bidang penyaluran yaitu pemberdayaan, pendidikan dan kemanusiaan dengan focus pada adik-adik yatim seperti tertera pada visi dan misi Yayasan Yatim Mandiri. Penyebaran pada 3 bidang itu bertujuan agar materi yang dititipkan untuk adik-adik yatim tak menguap begitu saja dalam sehari,  dan bermanfaat untuk hari-hari selanjutnya.

Pak Sis, sapaan akrab Bapak Agus Siswoyo juga menunjukkan kami profesionalitas dari pengelolaan Yatim Mandiri. Beliau menunjukkan system organisasi yatim mandiri dan closed loop dalam pengelolaan dana baik pengumpulan maupun penyalurannya. Closed loop (perputaran tertutup) memastikan bahwa adik-adik yatim yang dulunya bergabung sebagai penerima, tetap bergabung di yatim mandiri sebagai donator untuk adik-adik yatim yang lain.

Selain itu, closed loop menunjukkan pada donator bahwa adik-adik yang mereka bantu tidak terdidik menjadi pengemis, tetapi menjadi seorang mandiri yang dapat diandalkan oleh donator atau bahkan menjadi menjadi partner para donator. Kemandirian itu dicetak sejak mereka bergabung di Yatim Mandiri, mulai dari program pendidikan SMP gratis, SMA gratis, hingga kuliah 1 tahun. Selain itu ada juga kegiatan di sanggar genius, yang mana beberapa guru ‘genius’nya sempat berkenalan dengan kami di acara  SMART CAMP tanggal 7 Februari 2015.

Profesionalitas Yatim Mandiri juga ditunjukkan oleh Pak Sis dalam setiap kegiatan organisasi, mulai dari pengarsipan data, pencetakan bukti donasi, hingga recruitment. Karyawan yang direkrut melalui 3 tes yaitu psikologi, alqur’an dan pengetahuan umum. Detail dan tersusun rapi, hingga jadwal harian tiap karyawan. Dimulai dari jam datang, infaq untuk sanksi telat, sholat dhuha sampai absen sore. Penyimpanan arsip juga dilakukan pada 3 tempat, yaitu kertas, data computer dan data pada website. Yatim Mandiri Jombang juga memanfaatkan media social baik untuk menarik donator ataupun untuk dokumentasi kegiatan.

Beberapa kali kami mengikuti kegiatan lapangan selain SMART CAMP, seperti kesling dan penghimpunan dana donasi rutin. Kegiatan yang hanya mungkin dilakukan dengan keterbukaan dari Yatim Mandiri. Hal ini yang membuat kami nyaman. Hal serupa juga diutarakan oleh beberapa zisco yang ramah menyambut kami dengan tangan terbuka dan penuh semangat. Di sini kami belajar untuk mengabdi dan berkarya di masyarakat dengan penuh semangat. Berkarya dan peduli. Sukses mulya. Allahu akbar!

Profil Penulis: Ahmad Jirjis Fahmi, mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri, Prodi Ekonomi Syari’ah, mahasiswa peserta Praktek Pengelolaan Zakat (PPZ) di LAZ Yatim Mandiri Jombang.

Iklan

About Agus Siswoyo

Guru SD, pengajar TPQ, blogger Jombang, warga Tebuireng, dan penggiat Ekonomi Islam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s