Serunya Sesi Fun Games Smart Camp Yatim Mandiri Jombang

Serunya Sesi Fun Games Smart Camp Yatim Mandiri Jombang

Oleh: Ahmad Mujab

LAZ Yatim Mandiri Jombang pada tanggal 7-8 Februari 2015 mengadakan suatu kegiatan yang bernama Smart Camp Angkatan III yang pesertanya kurang lebih 100 anak yatim dhuafa beserta guru genius dan duta guru dari Sanggar Genius. Acara tersebut diadakan di PAUD ar-Rahman Jombang. Anak-anak yatim dhuafa, guru genius, duta guru, staf karyawan, mahasiswa STAIN Kediri, dan seluruh pihak-pihak yang ada tampak sangat antusias dan semangat dalam mengikuti acara ini.

Acara Smart Camp ini menjadi momen yang spesial bagi saya, disamping saya bisa mengerti secara langsung pendistribusian dana zakat melalui program kreatif penyaluran zakat, infaq, dan sodaqoh yang dilakukan oleh Yatim Mandiri Jombang, saya juga lebih mengerti tentang kebahagiaan dan keceriaan sebagian anak yatim dhuafa yang ada di Jombang. Bagi anak yatim dhuafa, acara Smart Camp ini juga menjadi kesan tersendiri bagi mereka, disamping mereka mendapat hiburan, motivasi, hadiah, keceriaan, kebahagiaan, mereka pun juga mendapat ilmu yang pastinya bermanfaat bagi kehidupan mereka.

Acara Smart Camp angkatan III dimulai sekitar pukul 15.30, tetapi saya datang agak terlambat karena saya ke rumah salah satu dosen STAIN terlebih dahulu untuk mengambil sesuatu yang akan diberikan kepada anak yatim dhuafa di Jombang melalui Yatim Mandiri. Saya tiba di acara Smart Camp sekitar pukul 16.40, belum sampai memasuki ruangan untuk mengikuti acara tersebut, saya sudah mendengar suara tawa dan kebahagiaan para peserta Smart Camp tersebut. Kemudian saya mulai masuk ke aula tempat dilaksankannya acara Smart Camp, wow. AMAZING…!!!

Meriah banget acaranya. Ketika saya diperkenankan untuk memperkenalkan diri di hadapan anak yatim dhuafa beserta guru genius dan duta gurunya hati saya langsung berdebar kencang tidak karuan, rasa senang, gembira, kagum, dan gelisah semua jadi satu di hati, sehingga keringatpun bercucuran melalui wajah saya. Makluuuum, baru kali ini saya di hadapkan dalam kondisi seperti saat ini.

Sehabis memperkenalkan diri, sayadan teman-teman dari STAIN Kediri diperkenankan untuk mengisi acara. Sebelum mengisi acara, kami mahasiswa yang PPZ di LAZ Yatim Mandiri Jombang sudah mempersiapkan semuanya, misalnya merencanakan game, hadiah, lagu, mental, dll semua sudah kami siapkan, walaupun belum sempurna ketika mengisi acaranya. Maklum, kami masih belajar.

Ketika kami mulai mengisi acara, pertama kami mengadakan kuis pengetahuan tentang Nabi Muhammad dan agama Islam. Kami membacakan pertanyaannya dan siapa yang merasa tahu jawabannya maka dia mengacungkan tangan terlebih dahulu kemudian akan diperkenankan maju ke depan untuk menjawab pertanyaan dari kami. Kalau bisa menjawab dengan benar, peserta tersebut akan mendapat doorprize. Selanjutnya, kami mengadakan permainan telur estafet, telur mainan itu jumlahnya hanya satu dan diberikan secara bergantian oleh peserta ke peserta lain sampai ada aba-aba berhenti dan pada saat berhenti yang terakhir memegang telur tersebut akan disuruh maju ke depan untuk bernyanyi, menari, dan diberi hadiah.

Kemudian, kami mengajak anak yatim dhuafa, guru genius, duta guru, staf karyawan Yatim Mandiri Jombang dan seluruh pihak yang mengikuti acara Smart Camp untuk menyanyikan lagu dari D’Masiv yang berjudul “Jangan Menyerah”. Lagu ini dinyanyikan bersama tujuannya agar bisa memotivasi semua orang yang ada di acara Smart Camp, terutama untuk anak yatim dhuafa agar tidak menyerah dengan kondisi yang ada dan selalu semangat dalam menjalani kerasnya hidup walaupun banyak rintangan yang menghalangi.

Sehabis acara dari mahasiswa STAIN Kediri selesai, semua yang mengikuti acara Smart Camp diperkenankan mempersiapkan diri untuk mengikuti shalat Magrib berjamaah. Ketika saya shalat berjamaah dengan anak yatim dhuafa di acara ini, menjadi suatu kebaggaan tersendiri bagi saya, karena tidak semua orang bisa melakukannya dan tidak setiap hari saya bisa melakukannya.

Sebenarnya masih banyak pengalaman pribadi saya ketika mengikuti acara Smart Camp ini, tetapi saya belum sempat untuk menulisnya lagi. Saya mengucapkan ribuan terima kasih semua pihak yang memperkenankan saya untuk mengikuti acara Smart Camp ini, terutama kepada Yatim Mandiri Jombang, terima kasih atas semuanya. Saya tidak akan melupakan acara Smart Camp ini.

Profil Penulis: Ahmad Mujab, alamat Jln. Gajah Mada No.52 Semanding Tertek Pare Kediri, mahasiswa Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kediri, Prodi Ekonomi Syari’ah Semester IV, mahasiswa peserta kegiatan Praktek Pengelolaan Zakat (PPZ) di LAZ Yatim Mandiri Jombang.

Iklan

About Agus Siswoyo

Guru SD, pengajar TPQ, blogger Jombang, warga Tebuireng, dan penggiat Ekonomi Islam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s