Kelas Inspirasi dan Motivasi Smart Camp Angkatan III Yatim Mandiri Jombang - Februari 2015 (9)

Kelas Inspirasi dan Motivasi Smart Camp Angkatan III Yatim Mandiri Jombang – Februari 2015

Oleh: Dhofirotul Muslikhah

7 Februari 2015 mungkin menjadi akhir dari dari pertemuan Praktek Pengelolaan Zakat (PPZ) ini. Tetapi ini bukan akhir silaturahmi karena moment tersebut salah satu memori yang tak pernah dilupakan. Sangat mengesankan setelah tiga minggu lamanya saya mengikuti PPZ disini hingga saya berkesempatan mengikuti kegiatan smart camp. Inilah acara yang belum pernah saya ikuti selama hidup saya karena saya dapat bertatap muka dengan anak-anak yatim dari berbagai sanggar genius yang ada di Kabupaten Jombang.

Saya bersama teman-teman mahasiswa PPZ STAIN Kediri dibuat tidak mempunyai pilihan karena harus memberikan materi untuk anak-anak yatim dan di depan para guru-guru genius. Saya yang belum pernah mempunyai pengalaman dalam forum seperti itu merasa tidak percaya diri, tetapi semuanya tetap berjalan lancar karena ada mbak Atik dan mbak Lela yang rela mau menyumbangkan tenaganya untuk memberi materi kepada anak-anak yatim.

Acara dimulai jam 16.00 diawali dengan opening ceremony oleh mbak Putri, guru genius dari sanggar yatim ceria. Setelah pembukaan selanjutnya diadakan ice breaking dari salah satu guru genius yang sangat antusias untuk menghibur para peserta kegiatan yang hadir. Suasanapun menjadi berbeda karena anak-anak yatim yang hadir tertawa dan bergembira menikmati permainan yang diinstruksikan oleh sang trainer.

Anak-anak diajak bernyanyi bersama-sama “disini senang disana senang” dengan lirik yang berbeda. Setelah usai waktunya penyampaian materi dari mahasiswa STAIN Kediri gelombang I yang dihadiri oleh Athik Munawaroh, Lailatul Rohmah, Muhamad Kamaluddin Purna Caraka, Fitrotul Mahmudah, saya sendiri tentunya Dhofirotul Muslikhah, dan satu lagi ketua dari gelombang I Ahmad Mujab. Tidak lupa partisipasi dari Mahasiswa STAIN Kediri Gelombang II turut meramaikan acara.

Pengalaman Tak Terlupakan Bersama Anak Genius Jombang

Pengalaman Tak Terlupakan Bersama Anak Genius Jombang

Saat berbagi inspirasi telah tiba. Sebelum penyampaian materi dimulai kami mengawali dengan perkenalan terlebih dahulu kawan-kawan mahasiswa yang hadir. Kemudian materi disampaikan mengenai kisah Nabi Muhammad SAW. Materi yang mungkin begitu mudah dipahami namun membutuhkan cara penyampaian yang menarik.

Yang pertama disampaikan oleh mbak Atik ketika menyampaikan materi motivasi adalah suhu badan tiba-tiba naik menjadi panas, grogi dan salah tingkah. Kelucuan ini kami hadapi dengan kebingungan karena pada saat presentasi di kelas perkuliahan berjalan lancar tetapi saat menghadapi anak-anak kami justru bingung harus berkata apa.

Mungkin perbedaanya kalau presentasi di kelas tidak memakai alat pengeras suara atau microphone tetapi kali ini menggunakan microphone. Selanjutnya penyampaian materi di gantikan oleh Laila yang mempunyai pengalaman pernah menjadi guru playgroup. Apa yang dirasakan oleh Mbak atik ternyata dirasakan juga oleh Laela karena tiba-tiba badannya panas sampai keluar keringat dingin. Hingga sholat isya’ pun badannya masih terasa panas.

Keadaan lebih membaik ketika anak-anak antusias menjawab pertanyaan-pertanyaaan yang diberikan oleh kami. Siapa yang bisa menjawab akan mendapatkan sebuah bingkisan menarik. Akhirnya materi terlalaikan karena asyik bagi-bagi hadiah. Bisa jadi karena dirasa yang lebih menarik untuk anak-anak bukanlah materinya tetapi mendapatkan hadiah. Karena waktu yang diberikan hanya 1 jam maka kami harus menyudahi materinya dan waktu maghrib akan tiba.

Kelas Inspirasi dan Motivasi Smart Camp Angkatan III Yatim Mandiri Jombang - Februari 2015 (14)

Kami melaksanakan sholat maghrib berjamaah kemudian dilanjutkan dengan makan malam bersama. Selanjutnya untuk mengisi waktu yang kosong sambil menunggu bapak Khamim selaku pembimbing PPZ kita semua diajak senam pinguin bersama-sama. Senam otak oleh bapak Ali terasa sulit dilakukan karena kami belum terbiasa tapi bagi pak Ali mudah. Tidak terasa waktunya sholat Isya’ kami sholat berjamaah ketika itu dosen kami Pak Khamim hadir beliau diminta untuk menjadi imam sholat isya’.

Selanjutnya setelah sholat isya’ ada sambutan dari bapak Khamim untuk memotivasi anak-anak yatim waktu itulah bersamaan dengan pelepasan kami para peserta PPZ Gelombang I yang berakhirnya praktek pengelolaan zakat. Pelepasan itu disertai dengan pemberian sertifikat setelah selesai selanjutnya ada materi inspirasi dan motivasi untuk anak-anak yatim sungguh luar biasa motivator kali ini mampu membangkitkan semangat untuk terus maju dan tak pantang menyerah dalam meraih cita-cita. Karena waktu sudah larut malam kamipun tidur karena esok hari jam 03.00 pagi kegiatan mulai lagi.

Tepat jam 03.00 pagi kami dibangunkan untuk persiapan sholat tahajud berjamaah hingga menunggu waktu shubuh. Setelah sholat subuh waktunya olahraga pagi di Alon-alon jombang. Setiap minggu pagi alon-alon jombang ramai oleh orang-orang yang olahraga pagi ikut senam. Kebersamaan bersama anak-anak yatim di Jombang sangat berkesan. Terima kasih untuk setiap ilmu dan pengalaman yang telah diberikan oleh Yatim Mandiri. Semoga Yatim Mandiri dapat memberikan manfaat lebih luas kepada anak yatim dhuafa di Indonesia.

Profil Penulis: Dhofirotul Muslikhah, mahasiswa STAIN Kediri Pogram Studi Ekonomi Syariah Semester 6, peserta Praktik Pengelolaan Zakat (PPZ) di Yatim Mandiri Jombang.

Iklan

About Agus Siswoyo

Guru SD, pengajar TPQ, blogger Jombang, warga Tebuireng, dan penggiat Ekonomi Islam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s