smart camp sebagai ajang pengembangan karakter dan kreatifitas

smart camp sebagai ajang pengembangan karakter dan kreatifitas

Oleh: Athik Mir Atul Munawaroh

Smart camp merupakan kegiatan yang di dalamnya penuh dengan motivasi kehidupan. Kegiatan pembelajaran luar ruangan ini bermanfaat menumbuh-kembangkan kreatifitas serta bakat yang ada pada anak-anak, agar kelak menjadi pribadi yang tangguh dan mandiri. Selama menjalankan tugas Praktek Pengelolaan Zakat (PPZ) dari kampus di Yatim Mandiri, saya merasa senang karena telah mendapatkan wawasan dan berbagai pengalaman baru dalam hal pendidikan yatim dhuafa.

Puncaknya, pada tanggal 7-8 Februari Yatim Mandiri mengadakan smart camp sebagai wadah menuangkan bakat dan kreatifitas anak asuh Yatim Mandiri yang tergabung dalam Program Genius. Tak ketinggalan, saya dan teman-teman mahasiswa STAIN Kediri ikut mengisi dan meramaikan acara tersebut. Rangkaian acara dibuka dan dimulai pada Sabtu 7 Februari pukul 16.00 WIB dengan melaksanakan sholat ashar berjamaah. Beberapa jam kemudian, anak-anak Genius menerima motivasi-motivasi kehidupan dan inspirasi cemerlang dari pakarnya sampai pukul 21.00 WIB.

Smart Camp Ajang Pengembangan Karakter dan Kreatifitas Anak

Smart Camp Ajang Pengembangan Karakter dan Kreatifitas Anak

Dalam kegiatan Smart Camp ini, anak Genius sangat antusias dan tampak bahagia selama mengikuti rangkaian acara. Karena selain sebagai mengembangkan bakat, kegiatan ini juga menjadi wahana belajar dan bermain bersama sesuai dengan konsep dasar Program Genius, yaitu fun teaching dan fun learning. Mereka berlomba dan bersaing untuk menjadi yang terbaik. Mereka dilatih, dididik dan diberi rintangan yang menguji kecerdasan berfikir yaitu berupa pertanyaan dan game-game lainnya yang sangat membantu dalam rangka menumbuh-kembangkan bakat anak-anak.

Mereka yang kalah dalam permainan adu ketangkasan diberikan motivasi agar tidak patah arang, dan yang menang pun diberi saran agar tidak sombong. Mereka sangat ceria meski hidup dalam keadaan kekurangan, jauh dari keadaan ideal dan bahkan ada yang tak lagi bersama dengan orang tua sendiri. Rangkaian kegiatan Smart Camp berakhir pada pukul 07.00 WIB hari Minggu. Saya bersyukur bisa menjadi bagian dari proses pendidikan anak yatim dhuafa menuju kemandirian hidup. Semoga Allah selalu meridhoi segenap langkah kita menuju kemaslahatan umat.

Profil Penulis: Athik Mir Atul Munawaroh, mahasiswa STAIN Kediri Pogram Studi Ekonomi Syariah Semester 6, peserta Praktik Pengelolaan Zakat (PPZ) di Yatim Mandiri Jombang.

Iklan

About Agus Siswoyo

Guru SD, pengajar TPQ, blogger Jombang, warga Tebuireng, dan penggiat Ekonomi Islam.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s