Wida Asmara Sari

Wida Asmara Sari

Oleh: Wida Asmara Sari (Mahasiswa MEC Angkatan ke-9)

Memang belum lama saya magang di kantor yatim mandiri Jombang ini, tapi banyak sekali pengalaman baru yang saya dapatkan yang juga belum pernah saya dapatkan dulu saat masih berada di asrama MEC Surabaya. Kegiatan social yang paling menarik bagi saya yaitu adalah pemeriksaan kesehatan keliling. Saya sangat senang bila diajak untuk ikut serta dalam kegiatan pemeriksaan kesehatan keliling ini, karena saya bisa langsung berinteraksi dengan masyarakat luas dan dapat langsung mendengarkan berbagai keluh-kesah masyarakat yang bisa dibilang belum terjamah oleh pemerintah dalam hal kesehatan.

Apalagi jika ikut acara pemeriksaan kesehatan keliling saya sekaligus bisa jalan-jalan dan berkeliling di kota Jombang yang masih sangat asing bagi saya ini. Saya bisa tahu daerah-daerah baru, tempat-tempat mana yang bagus, dan banyak lagi hal yang membuat saya sangat senang mengikuti acara pemeriksaan kesehatan keliling ini.Banyak sekali acara pemeriksaan kesehatan keliling yang telah saya ikuti, seperti pemeriksaan kesehatan keliling di SMPN 1 Wonosam, pemeriksaan kesehatan keliling di Parimono, dan yang terakhir saya ikuti adalah pemeriksaan kesehatan keliling di desa Darurejo.

Yang paling menarik yaitu pemeriksaan kesehatan keliling di desa Darurejo ini, karena yang mendapatkan layanan ini kebanyakan adalah anak-anak jadi banyak sekali cerita yang mereka buat, dari yang ketakutan saat melihat dokter, padahal mereka belum tersentuh sama sekali, hingga adanya acara “menangis massal”. Maklum lah, anak kecil jika melihat temannya menangis pasti juga akan ikut menangis padahal tidak tahu apa penyebabnya. Lucu sekali tingkah anak-anak tersebut saat melakukan pemeriksaan kesehatan keliling.

Ada yang malah tertawa terbahak-bahak karena geli saat diperiksa telinganya oleh seorang dokter, ada juga yang menangis karena takut saat giginya diperiksa, dan malah ada yang ketakutan gara-gara melihat temannya menangis. Memang melakukan pemeriksaan kepada anak-anak lebih sulit daripada melakukan pemeriksaan kepada orang dewasa. Jelas saja, orang dewasa bisa dengan mudah diatur, sedangkan anak-anak harus dibujuk- bujuk terlebih dahulu agar mau diperiksa.

Yang paling membuat saya terharu adalah ketika giliran pemeriksaan kesehatan adalah para lansia. Ada seorang kakek, yang bercerita kepada saya tentang keluh kesahnya. Sudah lama beliau mengidap sakit kanker kulit. Pertama beliau hanya mengira benjolan yang tumbuh dibawah mata sebelah kanannya adalah benjolan biasa, tapi lama-kelamaan benjolan itu tak kunjung mengempis tetapi malah membesar. Beliau hanya member minyak tawon sebagai obatnya karena mengira itu adalah kutil biasa. Lama-kelamaan beliau merasakan bahwa benjolan yang mirip dengan daging tumbuh itu membuat aktivitasnya terganggu karena kadang benjolan itu terasa nyeri dan membuat pandangannya menjadi kabur.

Beliau enggan periksa ke dokter atau rumah sakit karena beliau beranggapan bahwa untuk makan saja susah, terus uang dari mana lagi untuk periksa kesehatan. Beliau sangat senang dan bersyukur bisa mendapatkan pelayanan pemeriksaan kesehatan ini secara gratis, beliau terus mengucap syukur, dan tak henti-hentinya bilang ke saya agar yayasan Yatim Mandiri melakukan pemeriksaan kesehatan keliling lagi di desanya, karena pemeriksaan kesehatan keliling ini sangat bermanfaat bagi mereka-mereka yang kesulitan untuk mendapatkan layanan kesehatan dari pihak pemerintah.

Pengalaman-pengalaman yang luar biasa inilah yang membuat saya betah berada di lembaga social ini, terang saja, dahulu saya tidak pernah mengikuti acara semacam ini, tapi sekarang saya bisa sering mengikuti kegiatan social semacam ini, kegiatan social yang dapat membuat kita terus merasa bersyukur atas nikmat yang telah kita miliki, dan atas semua yang telah kita dapat. Terimakasih Yatim Mandiri Jombang.

About Agus Siswoyo

Guru SD, pengajar TPQ, blogger Jombang, warga Tebuireng, dan penggiat Ekonomi Islam.

Tinggalkan Balasan

